Pagelaran Sendratari: “Eksistensi Seni Budaya untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan”

Sebagai Program Studi yang memiliki Profil Lulusan sebagai calon guru MI/SD, PGMI UIN Sunan Kalijaga, membekali mahasiswanya dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Salah satu matakuliah yang diberikan adalah matakuliah Keterampilan, Kesenian dan Orkes. Matakuliah tersebut bermuatan keterampilan, dengan produk akhir untuk kesenian berupa pementasan tari. Untuk tahun 2017 pementasan tari diwujudkan dalam bentuk Pagelaran Sendratari, yang bertema “Eksistensi Seni Budaya untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan” yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017, pukul 15.00 sampai pukul 21.00 WIB di Convention Hall Lantai 1 UIN Sunan Kalijaga. Tema tersebut diangkat dengan pertimbangan banyaknya mahasiswa di Era Jaman Now yang sudah mulai melupakan tradisi atau budaya daerah.

Kaprodi PGMI UIN Sunan Kalijaga, Dr. Aninditya Sri Nugraheni,M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pagelaran Sendratari ini merupakan agenda tahunan. Pagelaran Sendratari yang merupakan pagelaran ketiga dalam tiga tahun terakhir ini melibatkan hampir 200 penari yang merupakan mahasiswa semester III dan V, dengan kepanitiaan sekitar 80 orang yang merupakan mahasiswa semester I, dan dihadiri oleh lebih dari 400 penonton. Selanjutnya, Pramularsih Wulan, M.Sn, dosen pengampu matakuliah Keterampilan, Kesenian dan Orkes menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Pagelaran Sendratari ini adalah untuk melestarikan budaya bangsa, membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan menari jika kelak mereka menjadi guru MI/SD, memberikan pengalaman untuk mempersiapkan pertunjukan, dan melatih mahasiswa agar percaya diri untuk tampil.

Pagelaran Sendratari kali ini menampilkan empat cerita, yaitu: Nyi Roro Kidul, Joko Tarub, Dewi Sri, dan Arjuna Wiwaha. Kostum, rias, dan penataan lampu dilakukan oleh mahasiswa secara apik. Dengan tetap mengenakan jilbab, tidak menghalangi para mahasiswi untuk tampil dalam peran apapun. Pada Pagelaran Sendratari ini diberikan penghargaan untuk kategori Penampilan Tim terbaik dan Pemeran Terbaik. Penampilan Tim terbaik diraih oleh Arjuna Wiwaha, dan Pemeran terbaik diraih oleh Tugiran, mahasiswa semester V yang memerankan Arjuna. (Endang.S)