Visi, Misi dan Tujuan

VISI

Unggul, terkemuka, menjadi rujukan bagi prodi sejenis di Indonesia  dalam pemaduan dan pengembangan pendidikan dasar Islam dan keilmuan bagi peradaban sampai tahun 2038

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan guru MI/SD yang berorientasi pada mutu.
  2. Mengembangkan pendidikan guru MI/SD yang berwawasan IPTEK dan akhlakul karimah.
  3. Melakukan penelitian berbasiskan integrasi-interkoneksi dibidang pendidikan dasar.
  4. Meningkatkan peran serta Prodi PGMI dalam pengabdian pada masyarakat.
  5.  Meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. 
TUJUAN
  1. Menghasilkan guru kelas MI/SD yang berkualitas dan mampu memadukan ilmu pendidikan dasar dan keislaman.
  2. Menghasilkan konselor anak usia MI/SD yang kompeten dalam memadukan ilmu pendidikan dasar dan keislaman.
  3. Menghasilkan pelatih (trainer) pendidikan MI/SD yang profesional dalam memadukan  ilmu pendidikan dasar dan keislaman.
  4. Menghasilkan peneliti pada bidang pendidikan MI/SD berbasiskan integrasi-interkoneksi yang produktif.
  5. Menghasilkan perancang sarana pembelajaran untuk pendidikan MI/SD yang bermental entrepreunership.
FILOSOFI PENDIDIKAN PRODI PGMI
 
Kurikulum Prodi PGMI disusun sedemikian rupa untuk merespon perkembangan, sehingga pendidikan yang diselenggarakan oleh Prodi PGMi menjadi relevan dengan visi, misi, dan tuntutan perkembangan zaman. Penyusunan kurikulum dilakukan dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak, baik dari praktisi maupun akademisi.
 
Kurikulum PGMI disusun mengacu KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia (RI) nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 73 tahun 2013. Selain itu kurikulum Prodi PGMI berparadigma integrasi dan interkoneksi. Intregasi dan interkoneksi dapat muncul mulai dari rumusan capaian pembelajaran hingga metode pembelajaran.