Riset dan Praktik Pembelajaran Mahasiswa UNY di PGMI
Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSDoleh Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, dilaksanakan berkolaborasi dengan PGMI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Mata kuliah ini memiliki bobot 3 SKS dan ditempatkan pada semester 2, dengan tujuan utama menyiapkan calon dosen PGSD/PGMI yang profesional, kompeten, dan berintegritas.
Mahasiswa Dikdas atas namaGina Okta Humairoh didampingi oleh Dr. Fitri Yuliawati, M.Pd.Si melaksanakan matakuliah riset dan praktik di semester 5. Dari kegiatan ini diharapkanmenghasilkan lulusan yang mampu merespons tantanganpendidikan dasar, khususnya dalam konteks pembelajaran di PGSD/PGMI. Kegiatan riset dan praktik dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman nyata dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi permasalahan pembelajaran melalui pendekatan inovatif. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, serta melakukan evaluasi yang terintegrasi dengan penelitian.
Tujuan riset dan praktik adalah membekali mahasiswa dengan pengalaman riil dalam observasi keragaman peserta didik, kurikulum, perangkat pembelajaran, media, metode, serta asesmen. Mahasiswa juga dilatih melaksanakan pembelajaran, melakukan refleksi, mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif, serta menulis hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah. Manfaat yang diperoleh antara lain peningkatan kepekaan terhadap isu pendidikan terkini, pengalaman ke-PGSD-an, serta penguatan kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian.
Prinsip-prinsip yang mendasari kegiatan ini mencakup keterpaduan riset dan praktik, pelaksanaan Lesson Study (Plan-Do-See), keterlibatan dosen pamong dan mitra PGSD/PGMI, serta penekanan pada inovasi riset. Syarat pengambilan mata kuliah ini adalah mahasiswa semester 2 konsentrasi akademisi, dengan kewajiban mengikuti pembekalan awal. Mekanisme pelaksanaan terdiri atas pembekalan, observasi, workshop penyusunan perangkat pembelajaran, penerjunan ke sekolah mitra, praktik pembelajaran, pelaksanaan riset inovatif, refleksi, penyusunan laporan, hingga publikasi artikel minimal di jurnal SINTA 2 atau prosiding internasional.
Kompetensi yang diharapkan dari mahasiswa meliputi kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS, membuat media inovatif, mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal, melakukan asesmen komprehensif, berpikir kritis dan kreatif, serta menulis artikel penelitian. Evaluasi kegiatan riset dan praktik dilakukan secara menyeluruh melalui penilaian observasi, praktik, laporan, presentasi, dan publikasi. Penilaian dilakukan oleh dosen pamong dan dosen pengampu, dengan prinsip validitas, reliabilitas, keadilan, keterpaduan, serta kesinambungan. Dengan bimbingan dosen pengampu dan dosen pamong, serta kerjasama dengan mitra, kegiatan ini diharapkan mampu membentuk calon dosen PGSD/PGMI yang profesional dan berdaya saing global.