Hari Spesial Dengan PGMI FITK UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan
PGMI FITK UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan ke PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Membangun Kerjasama Akademik dan Peningka
Yogyakarta, 25November 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menerima kunjungan dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan pada tanggal 25 November 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama serta memperdalam peningkatan kualitas jurnal ilmiah yang dikelola oleh masing-masing program studi di PTKIN.
Dalam agenda pertemuan yang berlangsung di ruang pertemuan PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga, kedua pihak membahas berbagai isu akademik, terutama mengenai pengelolaan jurnal ilmiah. PGMI UIN Pekalongan mengelola Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, sedangkan PGMI UIN Sunan Kalijaga mengelola AL-bidayah. Kedua jurnal ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu pembahasan utama adalah bagaimana memperkuat kualitas penelitian yang dihasilkan untuk mendukung pengembangan pendidikan yang lebih baik melalui penerbitan dan pengajuan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan di kedua jurnal tersebut.
Selain itu, diskusi juga difokuskan pada bagaimana kedua program studi dapat saling mendukung dalam membangun agenda akademik yang saling mengisi, serta kolaborasi pendidikan yang semakin berwarna. Melalui kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa kedua institusi dapat memperoleh peluang untuk optimalisasi pengembangan diri, baik dalam hal riset, publikasi, maupun pengembangan kurikulum pendidikan.
Kedua belah pihak sepakat untuk terus memperkuat kerjasama dalam berbagai bidang akademik, termasuk program pendidikan dan pelatihan, serta meningkatkan kualitas publikasi jurnal Indonesian Journal of Islamic Elementary Education dan AL-bidayah agar dapat semakin diakui di tingkat nasional maupun internasional. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan pendidikan guru yang lebih berkualitas dan berdaya saing.